Login : Dosen Mahasiswa Reviewer Luar

    I-I-I    Selamat datang di website Sistem Penelitian dan Pengabmas Terpadu (SIPANDU) Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Poltekkes Kemenkes Semarang    I-I-I    Anda dapat mendownload full text jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat jika anda terdaftar sebagai dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, semoga bermanfaat untuk ilmu yang bermanfaat    I-I-I    

2024-02-06 01:14:41 by admin

Workshop Refreshing Metodologi Penelitian dan Coaching Penyusunan Proposal Penelitian Desentralisasi ( 6-2-2024 )

Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki peran sentral dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan. Keberhasilan suatu institusi diukur dari kualitas dan kuantitas pengembangan, penyebaran serta pemanfaatan ilmu pengetahuan. Pengembangan ilmu pengetahuan dilakukan melalui kegiatan penelitian, penyebarluasan ilmu pengetahuan dilakukan melalui publikasi ilmiah dan penerapan/ pemanfaatannya dilakukan melalui pendidikan, pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai suatu institusi pendidikan tinggi maka Poltekkes Kemenkes Semarang memiliki kewajiban untuk terus mendorong para dosen/peneliti untuk melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yakni Pendidikan/Pengajaran; Penelitian; dan Pengabdian kepada masyarakat. Dharma penelitian merupakan motor yang penting dalam menggerakkan dan memberi suasana akademis kampus yang kondusif. Dosen/peneliti sebagai pendidik yang profesional dan ilmuwan di institusi pendidikan tinggi memiliki kewajiban untuk melaksanakan ketiga Tridarma PT dalam rangka meningkatkan fungsi dan peran dari perguruan tinggi tersebut.

Berdasarkan data pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat total usulan proposal penelitian desentralisasi tahun 2023 sejumlah 128 proposal. Proposal yang diterima lolos tahap seleksi administrasi dan substansi sejumlah 85 proposal. Workshop metodologi penelitian dan coaching penyusunan proposal penelitian desentralisasi menjadi sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas penelitian serta publikasi dosen Poltekkes Kemenkes Semarang. Kegiatan ini diharapkan akan membantu dosen dan peneliti dalam menyusun proposal sehingga dapat meningkatkan jumlah dan kualitas proposal penelitian sehingga mampu lolos dan mendapatkan hibah penelitian melalui SIMLITABKES.

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan jumlah penelitian yang lolos di SIMLITABKES.

Tujuan khusus kegiatan :

a. Meningkatkan minat dan motivasi dosen untuk menyusun proposal penelitian.

b. Meningkatkan jumlah usulan dan kelolosan penelitian dan SIMLITABKES tahun 2024.

PESERTA

Peserta workshop ini adalah seluruh dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang.

PEMBICARA

Materi inti pada bimbingan teknis ini akan disampaikan oleh pembicara yang berkompeten dan pakar dalam bidang penelitian, sebagai berikut:

· Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si – Universitas Sebelas Maret Surakarta

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

DARING I

Hari / tanggal : Selasa, 6 Februari 2024

Waktu   : 08.00 WIB s.d selesai.

Media : Dalam Jaringan (Daring) melalui Zoom Meeting

Keterangan : Setelah kegiatan daring I dilanjutkan penyusunan proposal secara mandiri, dan dilanjut unggah proposal tanggal 6 - 29 Februari 2024 untuk di review oleh narasumber dan reviewer nasional internal pada link berikut : https://bit.ly/42a8LMw

DARING 2

Hari / tanggal : Rabu, 6 Maret 2024

Waktu   : 08.00 WIB s.d selesai.

Media : Kegiatan hybrid : Luring lantai 4 gedung direktorat dan (Daring)

melalui Zoom Meeting

Keterangan : Kegiatan review proposal oleh narasumber dan reviewer nasional Poltekkes Kemenkes Semarang

· Peserta Pengusul penelitian dari kampus 1 (Luring)

· Peserta Pengusul penelitian diluar kampus 1 (Hybrid)

Link zoom akan dibagi H-1 sebelum kegiatan.

DARING 3

Hari / tanggal : Jum’at, 15 Maret 2024

Waktu   : 08.00 WIB s.d selesai.

Media : Dalam Jaringan (Daring) melalui Zoom Meeting

Keterangan : Pendampingan Unggah Proposal Penelitian Desentralisasi di SIMLITABKES. Jadwal Periode unggah dari pusat (1 Maret – 30 April 2024) 


Virtual Background : bit.ly/VB_CoachingPenyusunanProposal_Penelitian2024 

Absensi https://forms.gle/Yh5Hay9EE7NtWMb7A
 
ZOOM RECORD https://drive.google.com/file/d/1NtOQwBjKJ0PMTfbqMJoyhG7b05v87cbE/view?usp=sharing

Materi https://docs.google.com/presentation/d/1WgvpiRxAv6vaMevniVnn_lfZlzcWqxGl/edit?usp=sharing&ouid=106351062419699103012&rtpof=true&sd=true