Login : Dosen Mahasiswa Reviewer Luar

    I-I-I    Selamat datang di website Sistem Penelitian dan Pengabmas Terpadu (SIPANDU) Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Poltekkes Kemenkes Semarang    I-I-I    Anda dapat mendownload full text jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat jika anda terdaftar sebagai dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, semoga bermanfaat untuk ilmu yang bermanfaat    I-I-I    

2023-11-16 01:30:29 by admin

WORKSHOP DRAFTING HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) DAN PATEN BAGI KARYA MUTU DOSEN - RABU, 8 NOVEMBER 2023

Workshop Drafting Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Paten Bagi Karya Mutu Dosen bertujuan untuk memberikan pemahaman, panduan, dan keterampilan kepada para dosen dalam hal pengelolaan hak kekayaan intelektual (HKI) dan paten yang mungkin timbul dari karya ilmiah dan penelitian yang mereka hasilkan. Karya ilmiah dosen yang berkualitas seringkali memiliki potensi untuk dijadikan sumber hak kekayaan intelektual, dan workshop ini bertujuan untuk membantu mereka mengoptimalkan potensi ini.

Di tengah persaingan global dalam ranah ilmu pengetahuan dan teknologi, peran dosen dalam perguruan tinggi memiliki dampak yang sangat besar. Dosen tidak hanya bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswa, tetapi juga untuk menyumbangkan penelitian dan inovasi yang mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen, jika dikelola dengan baik, dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan inovasi, penemuan, dan penyelesaian masalah sosial.

Penting untuk diingat bahwa karya ilmiah dosen seringkali memiliki potensi untuk menghasilkan hak kekayaan intelektual (HKI) dan paten. HKI, seperti hak cipta, hak paten, dan merek dagang, memberikan perlindungan hukum atas karya-karya yang diciptakan oleh individu atau kelompok. Membentuk HKI adalah langkah penting untuk memastikan bahwa kontribusi ilmiah dosen diakui, melindungi hak-hak pencipta, dan memungkinkan pengembangan lebih lanjut dan komersialisasi inovasi yang dihasilkan.

Meskipun potensi ini ada, tidak semua dosen memiliki pemahaman yang memadai tentang HKI dan proses penyusunan paten. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang HKI dan paten, serta memberikan panduan praktis kepada dosen mengenai cara merancang, mengelola, dan mengajukan paten bagi karya mutu mereka.

Workshop Drafting Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Paten Bagi Karya Mutu Dosen bertujuan untuk mengisi kesenjangan pemahaman ini dan memberikan alat yang diperlukan kepada para dosen untuk mengoptimalkan potensi HKI dan paten yang mungkin muncul dari karya ilmiah mereka. Hal ini akan memberikan kontribusi positif dalam menggalang inovasi, mendukung penelitian yang bermutu, dan menciptakan lingkungan yang mendorong penciptaan dan pengelolaan HKI yang efektif di lingkungan perguruan tinggi.

Dengan mengadakan workshop ini, kami berharap dapat membantu para dosen dalam mengelola hak kekayaan intelektual mereka, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya paten, dan pada gilirannya, menghasilkan dampak yang lebih besar dalam mendorong inovasi, memajukan ilmu pengetahuan, dan mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat melalui penelitian dan pengembangan yang berkualitas.

 

Tujuan dari workshop ini adalah:

1. Memberikan pemahaman mendalam tentang hak kekayaan intelektual (HKI) dan paten.

2. Memberikan panduan praktis untuk dosen dalam merancang, mengelola, dan mengajukan paten atau mengelola hak cipta karya ilmiah mereka.

3. Mendorong dosen untuk mengoptimalkan potensi HKI dan paten yang mungkin muncul dari karya ilmiah mereka.

 

Pemateri Dan Topik Materi

1. Pemateri I  : DJKI Jakarta

Panduan Parktis Drafting Permohonan Paten

2. Pemateri II  : DJKI Provinsi

Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Penyusunan Deskripsi Paten

3. Pemateri III  : Sentra Paten UNNES

Tekhnis Upload usulan paten

materi dapat di klik dibawah ini

1. CV 3 Narsum 
https://bit.ly/CV_NARSUMDRAFTINGHKI
2. Materi 3 Narsum 
https://bit.ly/MateriDraftingHKI
3. VB
https://bit.ly/VB_DRAFTINGHKI2023