Login : Dosen Mahasiswa Reviewer Luar

    I-I-I    Selamat datang di website Sistem Penelitian dan Pengabmas Terpadu (SIPANDU) Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Poltekkes Kemenkes Semarang    I-I-I    Anda dapat mendownload full text jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat jika anda terdaftar sebagai dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, semoga bermanfaat untuk ilmu yang bermanfaat    I-I-I    

2023-11-16 00:43:17 by admin

COACHING CLINIC MANUSCRIPT JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI POLTEKKES KEMENKES SEMARANG - 2023

Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki peran sentral dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan. Keberhasilan suatu institusi diukur dari kualitas dan kuantitas pengembangan, penyebaran serta pemanfaatan ilmu pengetahuan. Pengembangan ilmu pengetahuan dilakukan melalui kegiatan penelitian, penyebarluasan ilmu pengetahuan dilakukan melalui publikasi ilmiah dan penerapan/ pemanfaatannya dilakukan melalui pendidikan, pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian dan publikasi ilmiah merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan tinggi, termasuk di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Semarang. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, publikasi jurnal internasional memiliki peran yang sangat krusial dalam meningkatkan citra dan reputasi institusi serta meningkatkan pengetahuan dan kualitas akademik para dosen. Pada buku pedoman penelitian kementerian Kesehatan tahun 2021 menjelaskan bahwa luaran wajib bagi penelitian dengan skema penelitian dasar unggulan perguruan tinggi dengan jumlah penelitian 32 penelitian pada tahun 2023. Oleh karena itu, kegiatan coaching clinic untuk manuskrip jurnal internasional menjadi sebuah inisiatif yang perlu diberdayakan guna mendukung pencapaian prestasi akademik dan pemberdayaan dosen di Poltekkes Kemenkes Semarang.

Dosen adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Mereka memiliki tugas penting dalam menghasilkan pengetahuan baru, menyebarkannya melalui publikasi, serta berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, untuk dapat berhasil dalam publikasi jurnal internasional, diperlukan pemahaman mendalam tentang proses penulisan, metodologi penelitian yang tepat, serta pemahaman terhadap kebutuhan dan standar publikasi internasional. Dukungan dan bimbingan yang adekuat kepada dosen dalam menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah dalam jurnal internasional adalah sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Coaching clinic tentang penulisan manuskrip jurnal internasional menjadi sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas penelitian serta publikasi dosen Poltekkes Kemenkes Semarang. Diharapkan melalui diadakannya coaching clinic ini akan membantu dosen dan peneliti dalam menyusun manuskrip hasil luaran penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan scope jurnal internasional sampai proses submit ke jurnal internasional yang terindeks scopus. 

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan jumlah publikasi hasil penelitian oleh dosen di jurnal internasional yang bereputasi.

Tujuan khusus kegiatan :

a. Meningkatkan minat dan motivasi dosen untuk menulis hasil riset di jurnal internasional.

b. Meningkatkan ketrampilan dosen dalam menulis manuskrip hasil riset sesuai dengan pedoman penulisan di masing-masing jurnal.

c. Meningkatkan jumlah artikel dosen terpublikasi di jurnal internasional bereputasi.

Peserta workshop ini adalah seluruh dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang. Ketentuan tambahan bagi peserta :

a. Melakukan registrasi sebagai peserta coaching clinic;

b. Melampirkan draft manuskrip sesuai dengan template jurnal internasional yang akan dituju;

c. Jurnal internasional yang dituju merupakan jurnal internasional yang terindeksasi sebagai jurnal bereputasi;

d. Bersedia mengikuti proses pembinaan dan pendampingan hingga tahap akhir yaitu submit di jurnal yang telah dituju sebelumnya atau jurnal lain yang memiliki scope keilmuan yang sama dengan tingkat reputasi sama (QI, Q2 atau Q3);

PEMBICARA

Materi inti pada bimbingan teknis ini akan disampaikan oleh 2 (dua) pembicara yang berkompeten dan pakar dalam bidang penelitian, sebagai berikut:

a. Prof. Dr. Abdul Rohman, SF, M.Si., Apt.: Top 2% World Rangking Scientist 2021

b. Marlyn Dian Laksitorini, M.Sc., Apt., Ph.D : Editor in chief Journal Scopus Q3 dan SINTA 1

c. Dr. M.T. Ghozali, M.Sc

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

DARING I

Hari / tanggal : Senin, 23 Oktober 2023

Waktu   : 08.30 WIB s.d selesai.

Media  : Dalam Jaringan (Daring) melalui Zoom Meeting

LURING

Hari / tanggal :  Senin – Selasa, 6 – 7 November 2023

Waktu   : 08.30 WIB s.d selesai.

Tempat : Lantai 4 gedung direktorat, Poltekkes Kemenkes Semarang

DARING II

Hari / tanggal : Senin, 20 November 2023

Waktu   : 08.30 WIB s.d selesai.

Media  : Dalam Jaringan (Daring) melalui Zoom Meeting