Login : Dosen Mahasiswa Reviewer Luar

    I-I-I    Selamat datang di website Sistem Penelitian dan Pengabmas Terpadu (SIPANDU) Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPPM) Poltekkes Kemenkes Semarang    I-I-I    Anda dapat mendownload full text jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat jika anda terdaftar sebagai dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang, semoga bermanfaat untuk ilmu yang bermanfaat    I-I-I    

2023-11-15 23:23:51 by admin

WORKSHOP DARING REFRESHING REVIEWER KOMITE ETIK PENELITIAN KESEHATAN POLTEKKES KEMENKES SEMARANG - KAMIS 2 NOVEMBER 2023

Perkembangan ilmu kesehatan dipacu dan diarahkan oleh penelitian kesehatan. Sebelum hasil penelitian dapat dimanfaatkan dengan aman dan efektif untuk kesehatan manusia, diperlukan penelitian dengan mengikutsertakan relawan manusia sebagai subyek penelitian. Relawan manusia yang bersedia menjadi subyek penelitian mungkin akan mengalami ketidaknyamanan dan rasa nyeri serta terpapar terhadap berbagai macam risiko.
 
KEPPKN menjabarkan lebih lanjut 3 prinsip dasar etik, dan dengan mengacu pada standar WHO 2011 ketiga prinsip tersebut dikembangkan menjadi 7 butir penilaian dan pengkajian protokol penelitian kesehatan untuk memperoleh kelayakan etik (ethical clearance), dengan dipandu oleh pedoman mutakhir WHO- CIOMS 2016. Secara keseluruhan, berbagai rujukan universal dan global tersebut digunakan sebagai acuan dasar untuk melakukan pelatihan, penyegaran, bagi peneliti dan anggota KEPK serta standarisasi, dan akreditasi KEPK di Indonesia.
 
Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Poltekkes Kemenkes Semarang berdiri sejak 2017 yang ditandai dengan dilakukannya pelatihan etik dasar oleh seluruh anggota. Baik peneliti maupun anggota KEPK memerlukan penyegaran etik secara berkesinambungan agar dapat memiliki pemahaman terhadap pedoman dan standar mutakhir. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka penyamaan persepsi dan pemahaman terhadap pedoman etik lanjut baik bagi peneliti maupun reviewer KEPK maka diperlukan Workshop Refreshing Reviewer Etik Poltekkes Kemenkes Semarang yang bekerjasama dengan KEPPKN dan Institusi lain yang telah memiliki KEPK.
 
Diharapkan melalui diadakannya workshop ini akan membantu reviewer terutama reviewer yang baru bergabung dalam KEPK PolkesMar dalam mengimplementasikan prinsip dasar etik dalam melakukan kaji etik penelitian kesehatan yang diterima oleh KEPK. Oleh karena itu, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Poltekkes Kemenkes Semarang akan melaksanakan Workshop Refreshing Reviewer Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Poltekkes Kemenkes Semarang Tahun 2023.
 
 
Materi dapat di klik disini
4. CV Narsum : bit.ly/CV_NarsumWSKEPK