Hubungan Kinerja Tutor dengan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Problem Based Learning Mata Kuliah KMB
Abstrak
Latar Belakang. Pembelajaran dengan metode konvensional , mahasiswa kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari mahasiswa lain maupun dari dosen . Dampak dari ketidakaktifan mahasiswa mempengaruhi penguasaan terhadap materi yang tidak optimal dan juga masih rendahnya hasil prestasi belajar. Untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar mahasiswa dalam proses belajar-mengajar terutama mata kuliah KMB, dosen pengampu KMB di Prodi Keperawatan Magelang telah melaksanakan metode pembelajaran Problem Based learning (PBL). Tujuan. Mendeskripsikan Hubungan Kinerja Tutor Dengan Motivasi Belajar mahasiswa dalam pembelajaran Problem Based Learning Mata Kuliah Keperawatan Medikal Bedah. Metode. Pendekatan penelitian adalah observasi korelasi sederhana dan desain penelitian adalah non eksperimet. Subjek penelitian terdiri dari 84 mahasiswa
Tingkat II Program Studi Keperawatan Magelang Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, dan 4 Dosen pengampu Mata Kuliah Keperawatan medikal Bedah .Tehnik sampling dengan total sampling. Dan tehnik analisasis data dengan Correlation Spearman’s rho. Hasil. Hasil analisas denganUji Correlation Spearman’s rho diperoleh p value 0,004, p value < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikans. Kesimpulan. Kinerja tutor mempunyai hubungan positif yang signifikans terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran Problem Based Learning Mata Kuliah Keperawatan Medikal Bedah.
Kata kunci. Kinerja Tutor, Motivasi belajar Mahasiswa Problem based learning