Sosialisasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) pengaruh pada pemahaman dan penerapan di Politeknik Kesehatan Semarang
Abstrak
Sistem Pengendalian Internal Pemerintah ( SPIP ) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh manajemen dan seluruh karyawan untuk memberikan keyakinan memadai untuk mencapai tujuan lembaga melalui efektif dan efisien , keandalan pelaporan keuangan , pengamanan aset negara , dan ketaatan terhadap undang-undang yang akan menciptakan good governance ( pemerintahan yang baik ) . Manajer dan karyawan di departemen dan perwakilan Politeknik Kesehatan Semarang perlu memahami dan menerapkan SPIP dalam menciptakan tata pemerintahan yang baik . Penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental semu.Samples berjumlah 51 orang manajer dan karyawan Departemen dan perwakilan Politeknik Kesehatan Semarang berkumpul di sebuah ruangan dan diberi kuesioner pre -test tentang pemahaman dan penerapan unsur-unsur sosialisasi SPIP sehingga dengan interval waktu SPIP dari 1 bulan dan kemudian melakukan kuesioner post-test mirip dengan pre -test . Pengolahan data dilakukan dengan editing , coding , entri data dan tabulasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat . Uji statistik yang digunakan adalah menggunakan Wilcoxon cocok uji Pairs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi elemen dari aplikasi dan SPIP sebelum dan sesudah peningkatan sosialisasi . Ada sebelum dan sesudah pengaruh sosialisasi dengan aplikasi SPIP di Politeknik Kesehatan Semarang . Sebagai saran kita perlu membuat aplikasi SPIP dan komitmen antara manajer dan karyawan dan perwakilan Politeknik Kesehatan Semarang yang akan menciptakan good governance .
Kata kunci: SPIP , manajer dan karyawan , Politeknik Kesehatan Semarang