Penggunaan Media CD Interactif Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Ajar Anatomi Dan Fisiologi
Mata ajar anatomi dan fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi tubuh manusia. Pada pembelajaran ini memerlukan berbagai sarana yang memadahi. oleh karena keterbatasan sarana pembelajaran mata ajar anatomi fisiologi maka pembelajaran di prodi D III keperawatan semarang cenderung dilakukan dengan secara klasikal, sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media CD interaktif terhadap tingkat pemahaman pada mata ajar anatomi fisiologi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment dengan pre dan post test control group design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 79 orang. Data diolah dengan uji t untuk mengetahui perbedaan nilai anatomi fisiologi sebelum perlakuan antar kelompok, perbedaan nilai setelah perlakuan antar kelompok, perbedaan nilai sebelum dan setelah perlakuan pada kedua kelompok dan perbedaan rata rata peningkatan nilai anatomi fisiologi setelah perlakuan antar kelompok. Hasil uji t untuk perbedaan nilai anatomi fisiologi sebelum perlakuan antar kelompok (p=0.53), perbedaan nilai setelah perlakuan antar kelompok (p=0.03), perbedaan nilai sebelum dan setelah perlakuan pada kedua kelompok (p=0.00) dan perbedaan rata rata peningkatan nilai anatomi fisiologi setelah perlakuan antar kelompok (p=0.023) . disimpulkan bahwa kelompok perlakuan mempunyai tingkat pemahaman yang lebih dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Kata kunci: nilai anatomi fisiologi, media interactif, pemahaman anatomi